Jumat, 22 Mei 2015

TENTANG HOTEL

Hotel.


Ilmu Pariwisata dan Perhotelan - Hotel adalah salah satu bentuk usaha yang menyediakan akomodasi penginapan, makan minum serta jasa lainnya seperti jasa binatu. Seiring dengan perkembangan jaman modern sekarang ini Hotel bukan hanya berfungsi sebagai akomodasi belaka namun kita dapat menyaksikan berbagai even penting baik  yang berskala nasional maupun international sering dilaksanakan  diberbagai hotel berbintang maumpun non bintang yang ada disuatu kota maupun daerah.  Namun bila kita merujuk pada keputusan Menprapostel tahun 1987 no Km 94/HK103/MPPT, Hotel  adalah Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.

Sejarah Hotel.


Kata Hotel mulai popular digunakan di London Ingris sekitar abad 18. Dan bangunan ini hanya diperuntukkan untuk kaum pendatang tanpa pungut biaya tahun 1797 yang mana seluruh biaya maupun gaji pegawai saat itu di tanggung oleh pemerintah.  Oleh karena perkembangan jaman makin modern dan permintaan untuk kamar penginapan mulai meningkat maka mulailah dibangun kamar yang ditata rapih dengan memberikan layanan yang baik pula.  Di New York Amerika Serikat tahun 1793 mulailah dibangun City Hotel sebagai pelopor  pembangunan Hotel di pinggiran kota. New York sebagai kota modern yang perkembangan lalu lintasnya mulai membaik dengan dibangunnya rel-rel kereta api, dimana dibangun juga hotel-hotel sebagai tempat transit  sepanjang rel kereta api. Dengan semakin majunya lalu lintas darat permintaan untuk hotel transit mulai menurun seiring dengan mulai gemarnya masyarakat melakukan perjalanan dengan memakai mobil dan beristirahat pun diatas mobil maka muncullah istilah baru Motel. Dan seiring perkembangan kota semakin pesat keejayaan Motel tak berlangsung lama karena munculnya Resort yang dibangun di luar kota bagi pengendera yang kebetulan melintas.

Klasifikasi Hotel.
  1. ·         Hotel Berbintang
  2.       Hotel Berdasarkan Lokasi
  3. ·         Hotel Berdasarkan Jumlah Kamar
  4. ·         Hotel berdasarkan lama tamu menginap  
Departemen yang ada dalam Hotel

Hotel memiliki beberapa bagian atau biasa disebut departemen yang mempunyai fungsi masing-masing namun memiliki keterkaitan antara satu bagian dengan bagian yang lainnya.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar